Sabtu, 08 Oktober 2011

Asal Mula Terjadinya Negara Berdasarkan Sejarah

1.    Pendudukan (Occupatie)
Hal ini terjadi ketika suatu wilayah yang tidak bertuan dan belum dikuasai, kemudian diduduki dan dikuasai.Misalnya, Liberia yang diduduki budak-budak Negro yang merdeka pada tahun 1847

2.    Peleburan (Fusi)
Hal ini terjadi ketika negara-negara kecil yang mendiami suatu wilayah mengadakan perjanjian untuk saling melebur atau bersatu menjadi Negara yang baru. Misalnya terbentuknya Federasi Jerman tahun 1871.

3.    Penyerahan (Cessei)
Hal ini terjadi Ketika suatu Wilayah diserahkan kepada negara lain berdasarkan suatu perjanjian tertentu. Misalnya, Wilayah Sleeswijk pada Perang Dunia I diserahkan oleh Austria kepada Prusia,(Jerman).

4.    Penaikan (Accesie)
Hal ini terjadi ketika suatu wilayah terbentuk akibat penaikan Lumpur Sungai atau dari dasar Laut (Delta). Kemudian di wilayah tersebut dihuni oleh sekelompok orang sehingga terbentuklah Negara. Misalnya wilayah negara Mesir yang terbentuk dari Delta Sungai Nil.

5.    Pengumuman (Proklamasi)
Hal ini terjadi karena suatu daerah yang pernah menjadi daerah jajahan ditinggalkan begitu saja. Sehingga penduduk daerah tersebut bisa mengumumkan kemerdekaannya. Contohnya, Indonesia yang pernah di tinggalkan Jepang karena pada saat itu jepang dibom oleh Amerika di daerah Hiroshima dan Nagasaki.

6.    Pembentukan Baru (Innovation),
Hal ini terjadi karena munculnya suatu negara baru diatas wilayah suatu negara yang pecah dan lenyap karena suatu hal. Contoh: Uni Soviet pecah kemudian muncul negara - negara baru.

7.      Pencaplokan/Penguasaan (Anexatie),                                                                 
Hal ini terjadi karena suatu negara berdiri disuatu wilayah yang dikuasai (dicaplok) oleh bangsa lain tanpa reaksi yang berarti.
8.    Pemisahan (Separatise)
Hal ini terjadi karena suatu wilayah Negara yang memisahkan diri dari Negara yang semulamneguasainya, kemudian menyatakan kemerdekaanya. Contoh : belgia pada tahun 1939 .


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar